Wednesday, July 7, 2010

Bimbingan proposal untuk Magang

Untuk Magang memerlukan proposal sama seperti propose pekerjaan (Job Proposal), bimbingan ini dibuat agar memudahkan Mahasiswa untuk menyusun surat-surat yang secara administrasi data diperlukan oleh pihak-pihak yang terkait.

Apa saja yang diperlukan untuk melamar Magang (Intern proposal) ataupun Melamar pekerjaan (Job Proposal). Pada dasarnya syarat-syarat administrasi data yang diperlukan pada kedua kategori tersebut adalah sama, yaitu:

1. Surat Lamaran Pekerjaan/ Surat Lamaran Magang

2. Biodata/ CV

3. Surat pengantar/ Surat Referensi

Biasanya saat mengantar semua dokumen yang dibutuhkan dalam satu amplop (beli sendiri, tidak perlu adanya header/ kop surat dari Ultima/ UMN) yang terdiri dari: Lamaran Magang, CV (di dalamnya ada link portfolio), surat referensi (dari universitas atau dari rekanan), harus diantar secara snailmail (surat tradisional dan diantar langsung), sebab data surat referensi yang didapat berupa data bukan digital, terkecuali bila perusahaan tersebut meminta dikirimkan via email, maka data surat referensi harus di scan atau di photo secara digital untuk dapat di attach-kan di emailnya.

Untuk Surat Lamaran, tidak ada bentuk yang baku, dan tidak perlu header/ kop surat dari Ultima/ UMN, tetapi yang paling penting adalah di sini kita melamar apa yang kita butuhkan, dan jangan memasukkan biodata (CV) di surat lamaran ini, bila memungkinkan buat surat lamaran yang jelas (clarity), singkat (short) dan mengena (right to the point), ketik rapi menggunakan huruf Arial , ukuran 11 points, spasi 1,5 dalam satu halaman, untuk masalah design, terserah kreatifitas sendiri-sendiri, perhatikan contoh berikut ini:

Kepada Yth.
Bpk/ Ibu Pimpinan
Perusahaan X
di tempat


Dengan Hormat,

Saya Angel (sebutkan nama pendek), mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara mengajukan proposal untuk dapat magang di tempat yang Bapak/ Ibu pimpin sebagai 3D Character Modeler (sebutkan pekerjaan yang kita sangat ahli di dalamnya).
Magang ini merupakan salah satu syarat kelulusan sarjana, dan berjalan selama 1 semester, terhitung sejak 1 Juni sampai dengan Nopember 2010.

Besar harapan saya agar proposal magang saya ini diterima, saya tunggu berita menggembirakan dari pihak Bapak dalam waktu dekat.

Terima kasih

Angel (sebutkan nama, tanda tangan dan tanggal secara tulisan disini)

Bila sudah, maka langkah berikutnya adalah dengan membuat Biodata atau Curriculum Vitae (CV), dan tidak perlu juga ada header/ kop surat dari Ultima/ UMN. Bentuk dan urutan CV juga tidak ada standart baku, tetapi biasanya kita harus memasukkan Photo, Alamat dan nomor kontak , lalu tujuan lamaran pekerjaan (objective), skills, education, experience, personal termasuk hobby dan portfolio yang dilink ke website hasil karya buatan sendiri, untuk masalah design, terserah kreatifitas sendiri-sendiri, perhatikan contoh berikut ini:



Angel

Mobile: +62818966669
e-mail: angel@angel.com
Jl. Raya Angel No. 99
Los Angeles 90201





Objective : Internship in 3D Character Modeler

Skills : Indonesian Art Styles, Graphic Designing & Page Lay Outing
using Photoshop, Indesign, Illustrator, QuarkXpress & CorelDraw,
3D Modelling using 3DS Max, 2D Animating using After Effects & Premiere,
Video graphing & Cinematographing using Digital Camcorder, Premiere &
After Effect Photographing using Camera Digital & Photoshop Motion
Graphic using After Effects

Experience : 2007 - Now : Art & Design Student’s Activity Leader at Universitas
Multimedia Nusantara

2004 - 2007: OSIS President at Angel Senior High School

Education : 2007 - Now: Universitas Multimedia Nusantara

2004 - 2007: SMA Angel

Personal : Enthusiastic, Optimistic, Nice, Friendly, Humanity mind oriented, Never Give
up & Open Minded, Born: 19-02-1998, 173 cms tall, 69 Kgs Weight

Hobby : Dancing, Music Composing

Portfolio link : http://michaelgumelar.blogspot.com/


Begitulah CV yang harus dibuat, lalu surat yang ketiga adalah surat Pengantar magang atau surat referensi dari Universitas, bila melamar pekerjaan, surat referensi dari rekanan juga boleh.

Langkah selanjutnya tinggal menunggu, oleh karena itu, ada baiknya saat melamar pekerjaan, kirimkan ke lebih dari satu prospek pemberi kerja, tetapi untuk magang, memang harus menunggu dulu, sebab biasanya surat pengantar magang ditujukan ke satu-satu perusahaan, bila gagal, meminta lagi surat pengantar yang baru lagi.

Bila ada panggilan baik melalui telpon ataupun email, maka bila diperlukan, bawa contoh-contoh hasil karya nyata saat ada panggilan wawancara (interview). Dan bila sudah diterima, konfirmasikan segera ke BAAK dan kaprodi untuk mendapatkan Form Evaluasi Magang yang wajib diserahkan kepada perusahaan penerima magang, sebab perusahaan tersebutlah yang menilai baik buruknya performa mahasiswa saat magang.

Saat magang, buat laporan sendiri bagi kegiatan tiap harinya atau formatnya sudah dapat dari BAAK, kalau belum, buat sendiri saja, ditugaskan sebagai apa? kegiatannya apa?, lalu jangan lupa minta tanda-tangan pada tugas yang telah diselesaikan

Setelah magang, minta kembali surat penilaian yang telah diberikan, dan diberikan bersamaan dengan laporan magang yang telah dibuat oleh diri sendiri tersebut (^_^).


OK, selamat berjuang dan berkarya

bergabung ya di calon alumni angkatan 2007 di link berikut:

No comments:

Post a Comment